Minggu, 06 Maret 2016

Jangan Lakukan Hal Ini Di Jepang

Jangan Lakukan Hal Ini Di Jepang

Jepang

www.seru.club - Buat kalian yang akan berlibur di jepang waspadalah dengan Hal-hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Jepang berikut ini, jika tidak ingin menanggung akibatnya.

Japan atau jepang adalah negara yang sangat unik, Negara ini terkenal dengan kebersihan, keaman, kerapihan, serta kedisiplinannya. Oleh karenanya, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan di negara ini, karena dianggap aib dan memalukan.

Tata krama dan etika di Jepang sangatlah rumit dengan segudang peraturan-peraturan diluar nalar kita, bisa dibilang jiwa mereka terjebak dalam di kultur mereka sendiri, sehingga mempunyai pola pikir yang kompleks.

Kalau sahabat SC sedang berencana untuk melakukan trip ke Jepang, sebaiknya mengetahui “DOs and DON’Ts“nya terlebih dahulu, kalau tidak ingin menanggung akibatnya.

Hati-hatilah Jangan Lakukan Hal Ini Di Jepang, baik disengaja ataupun tidak disengaja ... cekidot...!!


Tidak Membuka Sandal/Sepatu

Sandal Jepang
Di Jepang Peraturan ini merupakan yang paling tinggi tingkat Aibnya. Karena jika hal ini menimpa kepada anda, maka siap-siaplah untuk bunuh diri karena menanggung malu.

Kita semua tahu jika jepang merupakan negara yang sangat bersih hingga sepatu-sepatunya hampir tidak ada yang kotor, tapi tetap saja, budaya Jepang menuntut anda untuk melepas sepatu dan sandal jika masuk ke dalam rumah, apalagi kalau anda masuk ke rumah orang lain. Anda hanya boleh mengenakan kaus kaki bila berada didalam rumah atau restoran.

“Lalu kalau ke kamar mandi bagaimana? Nanti kan kaus kakinya basah dan kotor..?”

Tenang saja, setiap rumah atau restoran di Jepang mempunyai sandal khusus untuk ke kamar mandi.

Tapi, perlu dicatat. Menurut kebudayaan orang Jepang, sandal kamar mandi adalah objek yang paling kotor di alam semesta ini, oleh karena itu, Anda tidak boleh keluar dari kamar mandi. Jika anda lupa membuka sandal dan sandalnya terbawa-bawa keluar kamar mandi, siap-siap saja diberi tatapan seakan-akan anda baru saja meludahi wajah mereka.


Duduk Di Priority Seat Dalam Transportasi Umum

Priority Seat
Kita semua tahu bafwa jepang adalah negara yang disiplin. Di transportasi umum banyak yang namanya Priority Seats, yaitu tempat duduk khusus orang-orang tertentu.

Jika anda duduk di tempat yang tidak semestinya, polisi pun akan turun tangan dan menahan anda. Ada 5 macam Priority Seats di Jepang, yaitu; untuk Manula, wanita mengandung, wanita yang membawa bayi, orang sakit, dan salaryman yang mabuk.


Memberi Tip Pada Pelayan Restoran

memberi tip
Di Indonesia hal ini sangatlah wajar, malahan banyak pelayan yang mengharapkan tip dari pelanggan. Tapi di jepang jangan harap Para pelayan mau menerima tip dari para pelanggan, dan itu bukanlah intruksi dari atasan. karena jika anda memberi uang tip kepada mereka, itu sama saja anda menginjak-injak harga diri mereka, memandang rendah mereka. dan jangan heran kalau mereka memberi muka sinis kepada anda jika mereka di beri uang tip.


Tidak Membungkuk Di Hadapan Orang Lain

Obama membungkuk di jepang
Presiden barack Obama saja membungkuk karena ini adalah tradisi yang paling terkenal dijepang, baik itu kepada partner bisnis, kenalan, teman, ataupun keluarga, anda diwajibkan untuk menunduk/membungkuk, atau anda akan dianggap kasar dan tidak punya moral.

Tapi jika orang Jepangnya pengertian karena menghargai budaya negara lain, dia akan langsung ‘menyambar’ tangan anda dan berjabat. Ini seringkali mengakibatkan kebingungan yang campur aduk yang akan membuat anda membungkuk sekaligus jabat tangan. seperti dilakukan presiden barack obama beberapa waktu lalu.. Jadi, sebaiknya menunduk duluan deh.


Memetik Bunga Sakura

bunga sakura terindah
Kelopak bunga Sakura merupakan simbol nasional negara para samurai ini. Menurut estetika orang Jepang, bunga ini dianggap keramat dan lebih indah karena jangka hidupya yang tergolong pendek dan langka karena bunga sakura akan mekar pada musim tertentu.

Kebiasaan anda di Indonesia yang suka sembarangan memetik bunga di taman atau di tempat umum lainnya, jangan dibawa-bawa ke sana ya. Walau membuat kita tergiur akan ke indahannya, karean selain nanti kena alergi kita juga akan dianggap “pencuri kultur”.


“Hey, Kamu..!!"

<Hey Kamu
"Hey Kamu", yang dalam bahasa inggris "Hi, You". sering digunakan untuk memanggil orang lain, itu mungkin biasa saja di Indonesia, Amerika ataupun Eropa, tapi di Jepang? Wadaw, jangan sampe deh.

Memang banyak arti kata “kamu” dalam Jepang, seperti “anata” atau “omae“, yang hanya dipakai jika sudah dekat sekali atau sedang menghina. Tapi jika orang Jepang tidak dipanggil namanya, maka anda mengindikasikan bahwa anda benci dan tidak punya rasa hormat terhadap mereka sampai-sampai anda tidak sudi untuk memanggil namanya. Jadi, panggillah menggunakan nama, memakai suffix kata seperti “-san” juga penting.


Menguap, Membuang Ingus, Dan Berbicara Lewat HP Di Depan Umum

menguap
Kalau anda mau melakukan tiga hal di atas, sebaiknya dilakukan di toilet atau ditempat tersembunyi, karena dianggap sangat kasar dan akan mengganggu serta membuat jijik orang lain.

Dan yang lebih buruk lagi, mereka akan menganggap buruk anda sampai waktu yang sangat lama, mungkin selamanya.


Menenggak Minuman Sebelum Bilang “Kanpai!”

kanpai
Kata “Kanpai!” merupakan bahasa Jepang untuk kata “bersulang!”. Ini merupakan tradisi orang Jepang yang tak pernah ditinggalkan. Jika anda minum dengan teman atau sekelompok orang dalam satu grup (baik grup besar maupun kecil) dan langsung minum sendirian, anda akan dianggap egois, anti-sosial, dan kurang ajaran.

Dan akibat terburuk dari tindakan anda yang minum sendirian adalah anda akan ditinggalkan oleh mereka dan minimal anda tidak akan ditegur selama prosesi itu selesai


Mengotori Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas
Pemandian Air Panas yang dalam bahasa jepang adalah “Onsen”, , biasanya ada di dalam penginapan atau di pusat permandian air panas untuk umum.

Di Onsen anda diwajibkan untuk melepas seluruh pakaian anda tanpa terkecuali, dan anda harus membersihkan diri (dengan sabun) sebelum masuk. Jika tidak, ya anda bisa menebak sendiri. Karena ini adalah Merupakan aib yang besar, ddapat dipastikan orang-orang disana akan menatap penuh jijik kepada anda, Dan besar kemungkinan akan menjauhi anda.


Berbagi Sumpit

sumpit
Mungkin saja jika anda melihat seseorang yang sedang kesusahan mengambil sepotong makananannya dengan sumpit, anda tergugah untuk membantunya.. Tapi di Jepang, niat baik anda itu sama sekali tidak sopan. Loh? Kok gitu? Sayangnya, aksi ini menyerupai ritual pemakaman, di mana sisa-sisa kremasi mayat manusia dipindahkan ke dalam satu vas dengan menggunakan sumpit.

Jadi, berbagi sumpit itu merupakan tindakan yang sangat mengerikan, mendekati ke hl-hal mistis yang berbau horor. Hukum yang sama berlaku juga saat passing food dengan sumpit.

Yupzz itulah beberapa hal yang sebaiknya di hindari di jepang, mungkin saja akibat keberadaan zaman yang semakin canggih dan modern, sebagian orang jepang tidak terlalu mempedulikan tentang hal ini.

Apalagi jika orang yang melakukan hal ini adalah orang asing yang tidak mengenal kebudayaan mereka, jadi mereka bisa memakluminya.. tapi untuk sekedar berjaga-jaga lebih baik dihindari saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar